Perpustakaan Online
Pada masa lalu pembelajaran lebih
bersifat menghafalkan bahan-bahan yang sudah ditentukan sebelumnya.
Pembelajaran tidak terlalu mengedepankan rasa ingin tahu, inisiatif dan
kemampuan kritis siswa. Siswa juga mendapatkan ijazahnya dari ruang
kelas fisik dengan terlebih dahulu bertatap muka secara teratur dengan
guru. Dalam konteks belajar seperti ini perpustakaan selalu diakui
penting, tetapi tidak wajib. Pembelajaran semacam ini semakin
ditinggalkan pada era informasi yang ilmu dan teknologi telah berkembang
dengan sangat cepat.
Belajar di jaman sekarang adalah untuk membangun makna, menyelesaikan masalah dan membuat keputusan. Belajar itu sedapat mungkin untuk menyelesaikan persoalan-persoalan hidup yang sebenarnya, kegiatan untuk berpikir, berkomunikasi dan belajar yang dibangun di atas pengetahuan dan pengalaman siswa sebelumnya. Dalam konteks yang seperti ini, perpustakaan yang dibutuhkan adalah perpustakaan yang memungkinkan siswa mengakses informasi secara elektronik, dan pustakawan adalah tenaga kependidikan yang dapat menawarkan bimbingan dan bantuan belajar yang dapat terus merangsang pengguna perpustakaan untuk terus mencari informasi yang bermanfaat.
Pada dasarnya siswa perlu memiliki keberwacanaan informasi (information literacy) atau keterampilan informasi (information skill), yang meliputi:
Belajar di jaman sekarang adalah untuk membangun makna, menyelesaikan masalah dan membuat keputusan. Belajar itu sedapat mungkin untuk menyelesaikan persoalan-persoalan hidup yang sebenarnya, kegiatan untuk berpikir, berkomunikasi dan belajar yang dibangun di atas pengetahuan dan pengalaman siswa sebelumnya. Dalam konteks yang seperti ini, perpustakaan yang dibutuhkan adalah perpustakaan yang memungkinkan siswa mengakses informasi secara elektronik, dan pustakawan adalah tenaga kependidikan yang dapat menawarkan bimbingan dan bantuan belajar yang dapat terus merangsang pengguna perpustakaan untuk terus mencari informasi yang bermanfaat.
Pada dasarnya siswa perlu memiliki keberwacanaan informasi (information literacy) atau keterampilan informasi (information skill), yang meliputi:
- mengenal kebutuhan akan informasi,
- mengetahui bagaimana secara tepat mengidentifikasi dan mendefinisikan informasi yang dibutuhkannya,
- mengetahui di mana mendapatkan informasi secara efisien,
- menyatukan informasi yang diperoleh ke dalam kesatuan pengetahuan yang dimiliki, dan
- menggunakan informasi secara efektif untuk mencapai tujuan tertentu.
Untuk itulah kami hadir memenuhi
kebutuhan ilmu pengetahuan bagi warga SMK Negeri 8 Semarang. Silahkan
klik disini untuk masuk ke Perpustakaan SMK Negeri 8 Semarang Online : http://elibrary.smkn8semarang.sch.id/index.php

Tidak ada komentar:
Posting Komentar